Minggu, 15 April 2018

Instalasi Perangkat Lunak $Komputer Terapan$

Instalasi Perangkat Lunak

Dalam era modern ini, software pada komputer sudah dapat melakukan berbagai macam hal yang dapat membantu segala kegiatan yang tadinya hanya untuk sekedar administrasi hingga sekarang yang dapat digunakan untuk membuat sebuah animasi fiksi ataupun membuat design sebuah bangunan dll. Sebelum menggunakan software ini tentunya kita perlu melakukan penginstalan software tersebut ke komputer kita. Nah.. untuk tata cara penginstalan perangkat lunak ini akan saya ane jelaskan di postingan ini.

  1. Membaca "Manual Book" instalasi software
  2. Manual book adalah sebuah buku yang berisikan petunjuk petunjuk untuk melakukan penginstalan software yang berhubungan sehingga dapat terinstal dengan baik dan benar. Nah kita tidak boleh sembarangan menginstall tanpa membaca buku manual terlebih dahulu
    Hasil gambar untuk buku manual
  3. Koneksi Kendali ke Piranti
  4. Koneksi kendali ke piranti maksudnya adalah mengetahui bagaimana caranya sebuah software dapat mengendalikan proses hardware. Untuk contohnya yaitu driver, tanpa terinstallnya driver sebuah hardware maka hardware tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk itu diperlukan software yang mengendalikan hardwarenya.
    Hasil gambar untuk driver software
  5. Pengaturan Fungsi Jaringan<span style="font-size: 16px; font-weight: normal;"><br /></span>
  6. Jaringan adalah sebuah kesatuan komputer yang terhubung satu sama lain sehingga dapat berkomunikasi, berbagi sumber daya, dan mengakses sebuah informasi. Dalam jaringan terdapat 2 pihak yaitu host sebagai penyedia layanan dan client sebagai penerima layanan.
    Hasil gambar untuk jaringan
  7. Pengaturan Peripheral Lain
  8. Peripheral adalah sebuah perangkat tambahan komputer yang digunakan untuk mengoperasikan komputer. Ada 2 jenis perangkat peripheral yaitu :
    • Peripheral utama, yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita megoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama, contohnya: mouse, keyboard dan monitor.
    • Peripheral Pendukung, yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer, contohnya: printer, scaner, modem, dan lain-lain.
  9. Melakukan Backup
  10. Backup adalah menyimpan data yang ada ke tempat lain sehingga ketika terjadi kesalahan kita dapat mengembalikan file yang rusak seperti semula. Untuk postingan kali ini saya akan menggunakan contoh Backup di windows 7
1. Cari menu Backup and Restore

2. Kemudian klik Set up backup
3. Pilih dimana kita akan menaruh file backupnya. Kemudian klik next
4. Jika sudah kita dapat mengatur jadwal untuk backupnya dengan mengklik Change schedule

5. Terakhir, klik "Save Setting and run backup" untuk menyimpan dan menjalankan backup.

Nah.. sekian dari postingan kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan. Sekian Terima kasih...

Src: Google.com

0 komentar:

Posting Komentar